Wednesday, March 16, 2016

Terungkap!!!! Ternyata ini Manfaat Akar Manis Bagi Kesehatan

Manfaat Akar Manis Bagi Kesehatan - Tanaman akar manis ini merupakan tanaman sejenis polong-polongan yang berasal dari Eropa Selatan dan beberapa bagian wilayah Asia. Nama liquorice berasal dari bahasa Yunani kuno yang artinya "akar manis". 

Akar manis termasuk tanaman tahunan berbentuk terna dan dapat tumbuh sampai satu meter dengan daun yang tumbuh seperti sayap (pinnate) yang panjangnya 7 sampai 15 cm. 

Daun-daunnya dapat berjumlah 9-17 helai dalam satu cabang. Bunga akar manis tersusun secara inflorescens (berkelompok dalam satu cabang),warnanya berkisar dari keunguan sampai putih kebiru-biruan serta berukuran panjang 0,8-1,2 cm.
Namun di Indonesia sendiri lebih dikenal sebagai tanaman akar manis, beda lagi di Negara Cina orang-orang sana menyebut akar manis dengan nama Gan cao, licorice (philipina).

Adapun Klasifikasi lengkap dari Tumbuhan Akar Manis adalah sebagai berikut:
Untuk kategori Kingdom akar manis masuk ke kingdom plantae atau dalam bahasa indonesianya disebut tanaman, akar manis juga termasuk dari sub kingdom tumbuhan pembuluh atau tracheobionta.




Divisi tergolong sebagai magnoliophyta (tanaman berbunga), sub divisi termasuk dalam golongan spermatopita ( tanaman yang bisa menghasilkan biji).

Sub kelas tergolong tumbuhan Rosidae, ordo fabelas, dan termasuk keluarga dari tanaman fabaceae (keluarga polong-polongan), Genus termasuk jenis Glycyrrhiza dan digolongkan kedalam spesies Glycyrrhiza glabra L

Ciri-ciri dari Tumbuhan Akar Manis
Jenis tamanan bisa didapat dengan cara diimport, karena tumbuhan ini belum dapat dibudidayakan di Negara tercinta kita (Indonesia).

Manfaat Akar Manis bagi kesehatan yang perlu diketahui adalah dapat digunakan sebagai obat anti kolestrol, penyembuh batuk, penyembuh penyakit bronkitis, perut mulas, ramuan pereda batuk, dan penyakit tukak lambung.

Resep takaran yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit:
  • Batuk
    Takaran ramuan: siapkan sekitar 1,5 g tumbuhan Akar Manis, kemudian siapkan Rimpang sekitar 8 g, Daun Sirih paling tidak 3 helai dan air sekitar 130 ml. lalu semua bahan di rebus (di infus) dan diminum 2 kali dalam sehari, sebelum makan dan minum rebusan air sekitar 100 ml.Penyakit 
  • Tukak Lambung
    Takaran Ramuan saipkan Akar Manis sekitar 3 gram akar manis, tanaman obat Rimpang kunyit 4g dan air 130 ml, kemudian seuh semua bahan dan minum hasil seduahan 2 kali dalam sehari, sekitar 100ml air seduhan
Lama pengobatan dilakukan hingga penyakit yang diderita sembuh, dan hentikan jika sudah sembuh

Peringatan dan Bahaya
Takaran pemakaian yang terlalu banyak dalam pemakaian dan dipakai terlalu lama akan mengakibatkan gejala hipoklamia.

Kandungan yang terdapat pada tanaman akar manis Akar Manis sebagai berikut:
  • Glikosida Likuiritin 
  • Glisirhisin
  • Umbeliferona
  • Saponin
  • Glukosa
  • Asparagin
  • Glabrolida
  • Dan Masih Banyak Kanungan Lainnya
Mungkin sekian dulu pembahasan mengenai Khasiat Akar Manis untuk kesehatan tubuh semoga menambah wawasan anda dan semoga berguna

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Terungkap!!!! Ternyata ini Manfaat Akar Manis Bagi Kesehatan