Monday, June 22, 2015

10 Khasiat Daun Pepaya Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Khasiat Daun Pepaya Bagi Kesehatan - Daun pepaya dikenal dengan khasiat alami yang berguna untuk kesehatan tubuh. Meskipun rasanya pahit, ternyata kandungan manfaat daun pepaya bisa digunakan sebagai obat tradisional seperti menghilangkan jerawat, mengurangi nyeri haid, dan lain sebagainya. Tahukah anda, rasa pahit pada daun pepaya dapat dihilangkan dengan tips sederhana?

Selain daun nya berkhasiat, buah pepaya juga memiliki banyak manfaat untuk menyehatkan tubuh serta menghaluskan kulit wajah dan bijinya berguna sebagai bahan alami menghitamkan rambut.

manfaat khasiat daun pepaya

Daun dengan rasa pahit yang khas ini sudah terbukti memiliki kegunaan untuk kesehatan tubuh. Bagi anda yang ingin mengkonsumsi daun pepaya namun tidak menyukai rasanya, berikut tips mudah menghilangkan rasa pahit daun pepaya. Pilih salah satu cara yang paling mudah untuk anda.
  • Sebelum direbus, remas-remas daun pepaya dengan garam dapur sampai daun layu dan mengeluarkan air
  • Rebus daun pepaya dengan daun jambu biji, gunakan perbandingan 3 : 10 dimana 3 lembar daun pepaya direbus bersama 10 lembar daun jambu biji
  • Tambahkan 1 genggam tanah liat atau batu bata saat merebus daun pepaya. Jangan lupa cuci setelah matang agar tetap bersih saat dimakan

10 Khasiat Yang Terkandung Dalam Daun Pepaya

  1. Obat Penambah Nafsu Makan
    Untuk mengatasi masalah kurang nafsu makan, campur kan daun pepaya segar dengan garam dapur dan air hangat secukupnya. Tumbuk sampai halus kemudian saring airnya dan minum air saringan tersebut. Cara ini juga dapat digunakan pada anak yang susah makan.

  2. Melancarkan Pencernaan
    Cukup mengkonsumsi rebusan daun pepaya atau diolah menjadi tumis maka anda akan mendapatkan manfaat yaitu terhindar dari masalah gangguan pencernaan makanan.

  3. Mengobati Nyeri Saat Haid
    Bagi anda wanita yang sedang haid dan ingin menghilangkan nyeri haid, cobalah ramuan tradisional daun pepaya. Campurkan 1 lembar daun pepaya mentah, asam jawa dan garam kemudian rebus sampai matang. Minum air ramuan tersebut.

  4. Menghilangkan Jerawat Di Wajah
    Cara alami mengobati jerawat menggunakan daun pepaya adalah tumbuk 2 lembar daun pepaya tua yang sudah dijemur sebelumnya, campurkan sedikit air hangat lalu oleskan ramuan tersebut pada daerah wajah berjerawat. Diamkan 20 – 30 menit baru kemudian cuci muka anda dengan air bersih.
    Baca juga : Cara Alami Mengatasi Jerawat Dengan Daun Sirih

  5. Mencegah Penyakit Kanker
    Mengkonsumsi masakan daun pepaya secara teratur terbukti berkhasiat melawan penyakit kanker. Kandungan getah putih yang ada di dalamnya merupakan zat anti-kanker.

  6. Mengempukkan Daging
    Manfaat lain daun pepaya adalah membuat daging lebih epuk. Caranya bungkus daging mentah dengan remasan daun pepaya lalu diamkan beberapa saat kemudian baru dimasak.

  7. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi
    Khasiat daun pepaya berikutnya adalah mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Rebus lima lembar daun pepaya dengan setengah liter air kemudian ambil air rebusan tersebut lalu tambahkan pemanis madu murni atau gula merah. Minum selagi hangat.

  8. Mengobati Demam Berdarah
    Untuk anda yang menderita penyakit demam berdarah, campurkan 5 lembar daun pepaya dengan temulawak, gula merah dan meniran secukupnya. Rebus dan minum air rebusan daun pepaya tersebut.

  9. Melancarkan ASI Ibu Menyusui
    Bagi ibu yang sedang menyusui, kegunaan daun pepaya bisa melancarkan ASI secara alami. Siapkan 5 lembar daun pepaya muda kemudian letakkan di atas api sampai daun layu. Tempelkan selagi hangat di atas payudara ibu kecuali bagian puting.

  10. Memperkuat Tulang Dan Gigi
    Memakan sayur daun pepaya dapat memperkuat tulang dan gigi anda. Kandungan alaminya dipercaya bisa membuat gigi lebih kuat dan lebih sehat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 10 Khasiat Daun Pepaya Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan