Friday, September 12, 2014

Manfaat Minyak Bulus

Manfaat Minyak Bulus - Minyak Bulus diambil dari lemak bulus yang diolah dengan cara tradisional, dengan cara dipanaskan dengan api atau dengan panas sinar matahari hingga lemak mencair. Tidak meninggalkan efek samping, aman bagi kulit dan bebas iritasi, karena bebas campuran apapun.

Apakah itu minyak bulus

Bulus (Amyda cartilaginea) adalah sejenis labi-labi / kura-kura (berpunggung lunak) .Disebut berpunggung lunak karena sebagian perisainya terdiri dari tulang lunak dan tempurung punggungnya dilapisi oleh kulit tebal dan licin. Dalam hewan ini dikenal dengan nama Asiatic softshell turtle atau common softshell turtle.Kura-kura yang hidup di air, dengan diameter punggung mencapai 100 cm meski pun umumnya hanya hingga 60 cm saja.

Pembuatan Minyak Bulus

Hal paling utama yang perlu diperhatikan adalah dalam cara membuat minyak bulus adalah mengenai metode yang biasa digunakan. Bila dipelajari, ada dua metode yang digunakan dalam pembuatan minyak bulus tentunya. Yang pertama adalah dengan metode tradisional dan yang kedua adalah dengan metode modern. Tiap metode memiliki kelebihan masing-masing tentunya. 
 
 
Bila berbicara mengenai pembuatan minyak bulus dengan metode tradisional, yang perlu anda pelajari adalah mengenai bagaimana minyak diekstrak dari binatang bulus. Biasanya diperlukan 8 ekor bulus guna memproduksi minyak bulus yang benar-benar berkasiat. Bulus yang sudah diambil lemaknya kemudian dijemur dibawah sinar matahari guna mencarikan lemak tersebut. Keunggulan dari metode pembuatan minyak bulus dengan cara tradisional adalah faktor origininalitas dan juga 100% alaminya. Kelemahannya tentu perlu waktu yang cukup lama untuk semua prosesnya.

Pilihan pembuatan minyak bulus yang kedua adalah dengan metode atau cara modern. Yang perlu anda perhatikan disini adalah mengenai keuntungan apa yang didapat dari pembuatan minyak bulus dengan cara modern. Tentu saja manfaat yang paling utama adalah mengenai kecepatan produksi. Karena proses pemanasan bukan dengan menjemur dibawah sinar matahari melainkan dipanaskan dengan tungku, maka akan lebih cepat menghasilkan minyaknya. 
 
Akan tetapi banyak orang yang tidak tertarik membeli minyak bulus yang diolah dengan metode modern memang karena memiliki kualitas yang lebih rendah dibandingkan dengan yang diolah dengan metode tradisional. Pada metode modern juga seringkali minyak bulus dicampur dengan pewangi sehingga khasiatnya berkurang.

Bila anda tertarik mengenai bagaimana cara membuat minyak bulus terutama untuk berbisnis minyak tersebut, anda dapat belajar secara langsung pada ahli pembuat minyak bulus atau mempelajari dari buku petunjuk cara pembuatan minyak bulus yang dijual baik pada toko buku maupun internet. Tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi yang sesuai untuk mempraktekan cara pembuatan minyak bulus tersebut. 
 
Namun akan lebih maksimal pula bila anda mengunjungi tempat pembuatan minyak bulus yang ada disekitar lingkungan anda atau juga tempat-tempat tertentu dikota anda guna dapat melihat langsung pembuatan minyak bulus.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Minyak Bulus